Pengoptimalan Mesin Telusur adalah praktik menggunakan berbagai strategi, metode, dan taktik untuk mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin telusur dan memiliki lebih banyak visibilitas online. Lebih dari 97% pengguna di Indonesia memulai perjalanan pencarian mereka dengan Google dan ini adalah alasan pertama dan terpenting mengapa Pengoptimalan Mesin Telusur untuk situs web Anda harus menjadi prioritas utama Anda.

Ada banyak cara tentang cara mengoptimalkan situs web Anda untuk Google. Google sekarang membuat sekitar 3000 pembaruan pada algoritma pencariannya dalam setahun. Oleh karena itu, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya di mana SEO adalah aktivitas satu kali / tahunan untuk sebagian besar situs, kini SEO telah menjadi tugas harian / mingguan yang harus dilakukan, Anda bisa menyerahkan semua tugas ini kepada pakar atau ahli jasa SEO profesional dan berpengalaman untuk memenangkan website Anda di hasil mesin pencarian atau SERP.

Sulit bagi sebagian besar organisasi untuk mengalokasikan bandwidth Produk dan Teknik yang konstan untuk aktivitas SEO, bahkan setelah mempertimbangkan frekuensi tinggi pembaruan algoritma Google . Oleh karena itu, lebih bijaksana untuk mengoptimalkan situs bagi pengguna daripada untuk Google. Dan karena tujuan akhir Google adalah memberikan pengalaman pencarian terbaik bagi pengguna, ini pasti akan menguntungkan Anda dalam jangka panjang.

Apakah Anda terus memikirkan pertanyaan seperti bagaimana cara melakukan pengoptimalan situs web atau langkah apa yang harus Anda ambil untuk mengoptimalkan situs web? Jika ya, maka Anda beruntung telah membaca artikel ini.

13 Langkah Mudah Cara Mengoptimalkan Situs Web Anda dengan SEO

1. Tambahkan Konten yang Relevan

Tanpa konten yang menyertakan kata kunci yang relevan untuk mengarahkan pengguna ke situs Anda, akan sulit untuk mendapatkan peringkat yang baik di Google SERP (halaman hasil mesin pencari). Karenanya, Anda harus membuat halaman konten yang bagus di situs Anda. Hindari menyalin konten dari situs web lain.

2. Meta Title & Meta Description

Tentukan meta title, meta description, dan meta keyword untuk semua halaman. Menurut Google, Judul Halaman Web memainkan peran penting dalam peringkat sedangkan Deskripsi Meta Halaman Web memainkan peran penting untuk hasil dan kepercayaan Google menentukan peringkat.

3. Tag Header

Pastikan bahwa elemen SEO On-Page yang penting ditandai dengan tag header HTML yang benar. Namun, gunakan dengan sesuai. Terlalu banyak H1 dan H2 tidak direkomendasikan.

4. Navigasi Situs

Navigasi atau struktur situs harus memungkinkan pengguna untuk menjangkau semua halaman di situs dengan cara yang mudah dan teratur. Ini juga bermanfaat untuk bot Google karena mereka dapat dengan mudah mengetahui halaman mana yang lebih penting dan menjangkau mereka dengan mudah.

5. Peta Situs / Sitemap

Peta situs berfungsi sebagai peta dari semua halaman situs Anda untuk bot Google. Ini membantu mereka mencapai semua halaman yang terdaftar tanpa melewatkan apa pun. Pastikan ada peta situs dengan URL dari semua halaman. Kirimkan peta situs ini ke Google melalui alat Google Webmasters . Untuk memeriksa peta situs untuk domain, kunjungi file robots.txt dan periksa https://www.domain.com/sitemap.xml atau https://www.domain.com/sitemapindex.xml.

Jika Anda bingung membuat sebuah peta situs atau sitemap untuk website Anda, Anda bisa meminta bantuan agensi jasa SEO atau pakar SEO untuk membantu Anda membuatkan sebuah peta situs yang bagus dan dapat memuat semua halaman URL situs Anda sehingga dapat terbaca dan terindex orang mesin pencarian.

6. Robots.txt

Beri nama atau daftar dengan jelas halaman-halaman yang Anda tidak ingin diindeks oleh Google di file robots.txt Anda. Menambahkan tag yang tidak diizinkan ke halaman yang ingin Anda batasi di robots.txt adalah opsi yang bagus. Sebagai alternatif, mereka dapat memiliki pengalihan 301, tag meta tanpa indeks, atau rel kanonik.

7. Hindari Halaman Duplikat

Jika ada beberapa versi halaman dengan berbagai parameter URL, pastikan Google tidak menganggapnya sebagai halaman duplikat . Misalnya, https://www.domain.com/about/ dan https://www.domain.com/about/?Source=affiliate adalah halaman yang berbeda untuk Google. Anda dapat meminta Google untuk mengabaikan parameter ini dengan membuat entri di bagian ‘Parameter URL’ dari alat Google Webmasters.

8. URL Peka Huruf Besar-Kecil

Google peka huruf besar / kecil. Misalnya, https://www.domain.com/ABOUT/ dan https://www.domain.com/about/ dianggap sebagai dua halaman berbeda. Standarisasi kasus di URL situs Anda. Gunakan URL huruf besar atau kecil untuk keseragaman.

9. Optimalkan Struktur Situs Web

Struktur dari situs Anda dan URL-nya adalah penting. Berpikirlah ke depan dalam hal pembuatan konten untuk beberapa tahun. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan folder yang dipesan di URL. Anda dapat menggunakan tanggal posting atau kategori produk sebagai nama folder.

10. Gunakan URL Deskriptif

URL halaman konten dan gambar penting. Buatlah mereka sejelas mungkin. Seorang pengguna harus mendapatkan gambaran lengkap tentang konten itu, hanya dengan melihat struktur URL.  Optimalkan Situs Anda dengan menggunakan URL Deskriptif

11. Situs Web Responsif

Pengguna terhubung ke situs web melalui beberapa perangkat dan resolusi layar dari semua perangkat ini berbeda. Jadi, gunakan desain responsif (halaman menyesuaikan dengan resolusi layar) untuk memastikan bahwa URL halaman tetap sama meskipun diakses dari laptop atau ponsel. Optimalkan situs web Anda dengan membuat situs web Responsif.

12. Konfigurasikan Google Webmaster / Search Console

Daftarkan situs Anda pada alat Google Webmasters untuk memantau kinerja dan kesalahannya. Pendaftaran untuk Google Webmasters gratis. Optimalkan situs Anda dengan menyiapkan Google Search Console untuk melacak performa

13. Konfigurasikan Google Analytics

Daftar di Google Analytics untuk melacak perilaku pengguna situs Anda, kinerja keseluruhan, dan laba atas investasi. Ada lebih banyak hal yang dapat Anda lakukan dengannya dan versi standarnya gratis.

Itulah 13 langkah mudah untuk mengoptimalkan situs dengan SEO dan masih ada banyak cara lainnya yang harus Anda pelajari agar SEO Anda benar – benar berjalan dengan baik untuk website Anda. Perlu Anda ketahui bahwa setiap website terkadang memiliki kendala yang berbeda – beda sehingga pelaksanaan SEO nya pun dapat berbeda. Anda bisa memilih jasa SEO untuk membantu Anda menyukseskan website Anda berada di halaman pencarian terbaik.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *